Naura Komputer

Tutorial dan Materi Kursus microsoft Office, Desaign Grafis, Video Editing, Internet Marketing, Animasi

Thursday 6 June 2019

MENGGUNAKAN EXCEL UNTUK MENYUSUN RAB

  Kursus Naura Komputer       Thursday 6 June 2019
Naurakomputer.com - Microsoft Excel 2010 membawa beberapa keunggulan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Di antaranya, Anda akan merasa heran dengan cepatnya proses loading pada saat program dijalankan. Demikian juga saat membuka file Excel. Pada Excel 2010 ini Anda tidak akan menjumpai lagi tombol Office yang bulat berlogo Office dan terletak di pojok kiri atas Excel. Sebagai gantinya, Anda akan menemukan tab baru dalam jajaran Ribbon dan bernama File yang berwarna hijau. Penggunaannya yang mudah dengan tampilan yang efisien membuat Microsoft Excel menjadi pilihan sebagian besar bidang usaha maupun perkantoran untuk mengolah data.

Pengertian Rencana Anggaran Biaya 

Pada sebuah proyek perencanaan pembangunan maupun usaha pasti memerlukan adanya Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk mengetahui besarnya anggaran pembangunan maupun modal suatu usaha. Anggaran ini akan mengalokasikan banyaknya jumlah biaya yang diperlukan, seperti harga bahan, upah tenaga kerja, perizinan, dan biaya lain-lain yang diperlukan Yang dimaksud dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah banyaknya jumlah biaya yang diperlukan untuk pengadaan bahan baku atau modal usaha ditambah upah dan biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan proyek atau usaha. RAB ini juga bisa dijadikan lampiran dalam sebuah proposal yang akan diajukan kepada investor untuk memberikan gambaran tentang kebutuhan modal maupun bahan baku yang diperlukan. Ada beberapa perbedaan penyusunan RAB untuk pelaksanaan proyek bangunan dengan RAB untuk pembentukan sebuah usaha. Dalam penyusunan RAB renovasi bangunan atau proyek bangunan terdapat aturan baku yang harus dipatuhi, seperti penyusunan Harga Satuan Pekerja (HSP) yang harus mengacu pada HSPK yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Setiap kota maupun kabupaten mengeluarkan ketentuan HSPK yang berbeda dan biasanya ada pergantian tiap setahun sekali. Dalam buku ini akan dijelaskan secara mudah dan sederhana langkah-langkah menyusun RAB Produksi/Usaha dan RAB untuk  royek/Bangunan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyusunan RAB tersebut, berikut ini akan dijelaskan mengenai aturan dan konsep dasar dalam penyusunan RAB. Ada dua jenis RAB yang akan dibahas dalam buku ini, yaitu RAB untuk usaha dan RAB untuk proyek bangunan.



logoblog

Terima Kasih Telah Membaca MENGGUNAKAN EXCEL UNTUK MENYUSUN RAB

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Kaidah dan Etika Yang baik